BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pengembangan
sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan profesionalitas guru,
merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan,
keterampilan, dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan
kewajibannya sebagai petugas profesional.
Pengembangan atau peningkatan kemampuan
profesional harus bertolak pada kebutuhan atau permasalahan nyata yang dihadapi
oleh guru, agar bermakna. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen (UUGD) mengamanatkan guru untuk memiliki: (1) kualifikasi akademik
minimum S1/D-IV; (2) kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi
pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional; dan (3) sertifikat pendidik.
Upaya yang dapat
dilakukan guru untuk meningkatkan keprofesionalannya dilakukan melalui
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang merupakan unsur utama dalam
pengembangan karir guru, sebagaimana dijelaskan dalam Permenneg PAN dan RB No.
16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Peraturan tersebut menjelaskan 2 (dua) hal
terkait dengan unsur-unsur utama yakni (a) melaksanakan tugas
pembelajaran/pembimbingan dan tugas lain yang sesuai dengan fungsi sekolah, dan
(b) pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), dan tugas lain yang menunjang
kegiatan guru. Berkenaan dengan tugas guru dalam pembelajaran/pembimbingan,
untuk mengetahui kinerjanya, seorang guru perlu melakukan evaluasi diri serta
dilakukan penilaian atas kinerjanya terhadap setiap butir kegiatan tugas utama
guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Mengingat bahwa
pelaksanaan tugas utamanya tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru
dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan, dan keterampilan untuk
menciptakan pembelajaran berkualitas. Penguasaan kompetensi dan penerapan
pengetahuan serta keterampilan guru, sangat menentukan tercapainya kualitas
proses pembelajaran atau pembimbingan peserta didik, dan pelaksanaan tugas
tambahan yang relevan bagi sekolah.
Sebagai salah
satu sarana dalam memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karir, maupun
kepangkatan, guru diharapkan menggabungkan diri melakukan kegiatan kolektif
guru dan menjadi anggota organisasi profesi yang bersifat independen. Salah
satu bentuknya adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata
Pelajaran (MGMP). Dengan pembentukan ini seluruh anggota dapat memberdayakan
dirinya untuk mencapai tujuan bersama berdasarkan ketetapan bersama, sehingga
diharapkan KKG/MGMP dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan
kompetensi dan kinerja anggotanya untuk meningkatkann kualitas proses
pembelajaran melalui rangkaian kegiatan perencanaan pembelajaran yang efektif,
melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian sesuai tujuan yang ditetapkan,
serta melakukan pengkajian pembelajaran untuk perbaikan berkelanjutan. Di
samping itu, kegiatan-kegiatan KKG/MGMP juga dapat membantu guru dalam
perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat maupun peningkatan kualifikasi.
B.
Dasar Hukum
Pelaksanaan pelatihan peningkatan karir guru
KKG gugus VI Janapria (Pendem-Durian) tahun 2012 ini didasarkan pada :
Undang-undang RI No. 20/2003 tentang
Sisdiknas.
1. Undang-undang RI No. 32/2004 tentang
Pemerintahan Daerah.
2. Undang-undang RI No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen.
3. Peraturan Pemerintah No. 19/2005 tentang SNP
4. Peraturan Pemerintah No. 74/2008 tentang Guru
5. Peraturan Pemerintah No. 17/2010 tentang
Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
6. Permenneg PAN dan RB No. 16/2009 tentang
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
7. Permendiknas No. 16/2007 tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
8. Program kerja LPMP NTB tahun 2013.
9. Pedoman pemberian DBL pengembangan karir PTK
Dikdas tahun 2013
10. Keputusan Direktur PPTK Dikdas tentang Daftar
Nama Penerima Pemberian DBL peningkatan karir PTK Dikdas.
11. Kesepakatan kemitraan antara Direktorat
Pembinaan PTK Dikdas, LPMP NTB dengan KKG/MGMP Penerima DBL Dikdas Tahun 2013
C.
Tujuan
1. Tujuan Umum
Program ini bertujuan untuk mengembangkan karier Pendidik dan Tenaga Kependidikan
(PTK) SD melalui kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus III Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat.
2.
Tujuan Khusus
a.
Memahami berbagai
peraturan dan kebijakan yang terkait dengan pembinaan, pengembangan karir, dan
peningkatan profesionalisme guru.
b.
Meningkatkan
Karier Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta mengadopsi pendekatan
pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih professional.
c.
Memahami strategi
penyempurnaan pembelajaran bermutu melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan
guru.
d.
Meberdayakan dan
membantu anggota KKG Gugus III Poto Tano dalam melaksanakan Pembelajaran di
sekolah.
e.
Membantu guru untuk memperoleh angka kredit
untuk kenaikan pangkat, peningkatan kualifikasi akademik guru dan persiapan
guru dalam menghadapi proses sertifikasi.
D.
QUOTA DAN SASARAN PESERTA
Berkenaan
dengan pemberian DBL tahun 2013 dengan ketetapan tersebut, dialokasikan jumlah
peserta pelatihan Peningkatan Karir Guru di KKG gugus III Poto Tano sebagai berikut :
No.
|
Nama
Sekolah
|
Guru
|
Total
|
Keterangan
|
1.
|
SDN SENAYAN
|
3
|
3
|
|
2.
|
SDN TEBO
|
3
|
3
|
|
3.
|
SDN TAMBAK SARI
|
3
|
3
|
|
4.
|
SDN POTO TANO
|
3
|
3
|
|
5.
|
SDN KOKARLIAN
|
3
|
3
|
|
6.
|
SDN DAYA MAKUR
|
3
|
3
|
|
7
|
SDN KUANG BUSIR
|
3
|
3
|
|
8
|
SDN TUA NANGA
|
3
|
3
|
|
9
|
SDN MANTAR
|
3
|
3
|
|
10
|
SDN OMAL SAPA
|
3
|
3
|
|
11
|
SDN SAGENA
|
1
|
1
|
Swadaya
|
12
|
MI
|
1
|
1
|
Swadaya
|
Total
|
32
|
32
|
|
Rincian peserta berdasarkan jenis
kegiatan sebagai berikut :
No.
|
Nama
Sekolah
|
Peserta
|
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|||
Kur. I
|
Kur. IV
|
PKB
|
Total
|
Tanggal/Tempat
|
|||
1.
|
SDN SENAYAN
|
1
|
1
|
1
|
3
|
13-16 Nov 2013
SDN Senayan
Kec. Poto Tano
KSB
|
Setiap SD mengirimkan anggotanya sebagai peserta BIMTEK PTK
|
2.
|
SDN TEBO
|
1
|
1
|
1
|
3
|
||
3.
|
SDN TAMBAK SARI
|
1
|
1
|
1
|
3
|
||
4.
|
SDN POTO TANO
|
1
|
1
|
1
|
3
|
||
5.
|
SDN KOKARLIAN
|
1
|
1
|
1
|
3
|
||
6.
|
SDN DAYA MAKUR
|
1
|
1
|
1
|
3
|
||
7
|
SDN KUANG BUSIR
|
1
|
1
|
1
|
3
|
||
8
|
SDN TUA NANGA
|
1
|
1
|
1
|
3
|
||
9
|
SDN MANTAR
|
1
|
1
|
1
|
3
|
||
10
|
SDN OMAL SAPA
|
1
|
1
|
1
|
3
|
||
11
|
SDN SAGENA
|
1
|
|
|
1
|
||
12
|
MI
|
1
|
|
|
1
|
||
|
Total
|
32
|
|
|
32
|
BAB II
PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN
Dana Bantuan Langsung (DBL) dari Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dimutasi ke rekening KKG Gugus III
Poto Tano pada tanggal 30/09/13. (a. Pencairan pertama tanggal 26/10/13 untuk
persiapan Bimtek PTK SD di LPMP dari
tanggal 29 s.d 31 0ktober 2013. b. Pencairan kedua pada tanggal 08/11/13 yang
diperuntukan untuk persiapan kegiatan Bimtek PTK SD 2013 di KKG Gugus III Poto
Tano) yang merupakan Bimtek lanjutan dari kegiatan Bimtek di LPMP Mataram.
A.
Persiapan Kegiatan
Adapun persiapan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1. Sosialisasi program kepada kepala
sekolah dan guru.
2. Penyusunan, pengesahan, pengiriman
pelatihan guru pemandu.
3. Rapat-rapat kepanitian, Penetapan tim
fasilitator/guru pemandu.
4. Penyusunan bahan ajar.
5. Pengesahan bahan ajar.
B.
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan pelatihan ini akan dapat berjalan
dengan baik, apabila adanya partisipasi, dukungan, dan kerjasama yang baik
di antara semua pihak yang terlibat. Karena itu, untuk kelancaran
penyelenggaraan kegiatan pelatihan, disusun petunjuk teknis atau langkah-langkah
ini sebagai acuan sebagai berikut :
a.
Pembentukan Personalia Kegiatan
Personalia
yang diharapkan terlibat dalam kegiatan pelatihan ini adalah :
1. Pengarah
·
Kepala Dikdas
Dikbud Kabupaten Subawa Barat.
2. Penanggungjawab
·
Ketua Gugus III
Kecamatan Poto Tano.
·
Ketua KKG Gugus
III Kecamatan Poto Tano.
3. Fasilitator/Guru Pemandu
·
Pengawas TK SD
Kecamatan Seteluk dan Poto Tano.
·
Ketua K3S
Kecamatan Seteluk dan Poto Tano.
·
Guru Pemandu KKG.
4. Kepanitiaan
·
Panitia pelaksana
kegiatan pelatihan ini adalah Pengurus KKG gugus III Poto Tano, Guru Pemandu,
yang terdiri dari 1(satu) orang Penanggungjawab, 1 (satu) orang Ketua 1 (satu)
orang sekretaris, dan 1 (satu) orang bendahara, dan 2 orang anggota.
·
Berkewajiban
untuk membantu kelancaran kegiatan pelatihan, baik kegiatan akademik maupunnon
akademik.
.
C. Susunan Kepanitiaan :
SUSUNAN PANITIA KEGIATAN
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Jabatan Kepanitian
|
1
|
SUMIATI, S. Pd
|
Ketua Gugus III Poto Tano
|
Penanggung Jawab
|
2
|
HASBULLAH, S.
Pd
|
Ketua KKG
|
Ketua
|
3
|
DEWI SARTiKA,
S. Pd.SD
|
Guru SDN Tebo
|
Sekretaris
|
4
|
SITI MINA
|
Guru SDN Senayan
|
Bendahara
|
5
|
BUSRA, S. Pd
|
Guru SDN Poto tano
|
Anggota
|
6
|
ISKANDAR
ZULKARNAEN, A. Ma
|
Guru SDN Daya Makmur
|
Anggota
|
Adapun Tim Fasilitator / Guru Pemandu serta Materi
yang telah terealisasi pada pelatihan ini sebagai berikut :
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Materi Pelatihan
|
1
|
Abdul Szis, S.Pd
|
Kabid Dikdas Dikbud KSB
|
Kebijakan
Peningkatan Karir PTK SD
|
2
|
Muhammad, S. Pd., MM
|
Kepala SDN Poto Tano
|
Pembelajaran
Aktif
-
Pengertian Pembelajaran Aktif
-
Prinsip Pembelajaran Aktif
-
Unsur Pembelajaran Aktif
-
Model Pembelajaran Aktif
-
Praktik Pembelajaran Aktif
|
3
|
Yusman, S. Pd., MM
|
Pengawas TK/SD
|
Penguatan
Materi Pembelajaran
-
Materi Ke-SD-an (MTK, IPA,
-
IPS dan PKn
|
4
|
ISTIQAMAH, A. Ma
SYIRAJUDDIN, A. Ma
|
Guru SDN Kuang Busir
(Gr. Pemndu)
Guru SDN Kokarlian
(Gr. Pemandu)
|
-
Analisis KI dan KD
-
Analisis Materi Esensial
-
Scientif Approach
-
Penilaian Otentik
-
Tematik Integratif
|
5
|
Dewi Sartika, S. Pd. SD
ALWIN, S. Pd
|
Guru SDN Tebo
(Gr. Pemandu)
Guru SDN Omal Sapa
(Gr. Pemandu)
|
-
Analisis KI dan KD
-
Analisis Materi Esensial
-
Scientif Approach
-
Penilaian Otentik
-
Tematik Integratif
|
7
|
HASBULLAH, S. Pd
BUSRA, S. Pd
|
Guru SDN Daya Makmur
(Gr. Pemandu)
Guru SDN Poto
Tano
(Gr. Pemandu)
|
Publikasi
Ilmiah
-
Tinjauan Ilmiah dan
Artikel Ilmiah
-
Proposal PTK
-
Laporan PTK
|
D.
Hasil yang Diharapkan
Hasil yang
diharapkan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah :
1. Tersedianya guru di tiap sekolah baik sekolah
inti maupun sekolah imbas yang mampu memfasilitasi teman sejawatnya.
2. Memahami teori dan praktik perencanaan,
pelaksaaan, dan evaluasi pembelajaran, serta pengembangan keprofesian
berkelanjutan guru melalui penyelesaian tagihan pembelajaran yang bermutu.
E. Manfaat
1.
Meningkatnya
pengembangan karier dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pendidik;
2. Melalui keikutsertaan dalam kelompok kerja,
Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dapat memperoleh sejumlah angka kredit
yang diperlukan untuk kenaikan pangkat dan jabatan.
Dampak-dampak
yang ingin diperoleh melalui pelaksanaan kegiatan pemberian bantuan dana
pengembangan karier guru SD, antara lain:
1. Terwujudnya guru yang berkemampuan untuk perbaikan
dan penyempurnaan pembelajaran yang bermutu dan berkelanjutan.
2. Terwujudnya peningkatan mutu
layanan pembelajaran yang menyenangkan, berkualitas dan bermakna bagi siswa
dalam pengembangan diri dan pencapaian standar nasional pendidikan.
3. Terwujudnya satuan
pendidikan yang mampu membangun sistem jejaring belajar bagii anggotanya untuk
mengembangkan profesionalisme yang mandiri, berkarakter, dan berkelanjutan.
4. Terwujudnya kerjasama antar
sekolah, Dinas Dikbud, dan LPMP terkait dalam pengembangan kreativitas dan
inovasi layanan pendidikan serta peningkatan standar dan kualitas pendidikan.
5. Peningkatan umpan balik sebagai masukan
perencanaan program/kegiatan dalam pengembangan profesionalisme dan karier
anggota kelompok kerja guru dalam lingkup gugus sekolah;
6. Peningkatan profesionalitas anggota kelompok
kerja guru yang dibuktikan dengan perubahan perilaku, tingginya kreativitas dan
inovasi dalam pengembangan karier;
7. Peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran;
8. Peningkatan kebermaknaan pembelajaran dan mutu
pendidikan secara nasional.
F.
WAKTU
DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan
pelatihan ini dilaksanakan selama 4 (empat hari kerja selama bulan November
2013. Tempat dan waktu pelaksanaan kegiatan pelatihan ditetapkan sebagai
berikut :
Hari :
Rabu s.d
Sabtu
Tanggal :
13 s.d 16 November 2013
Tempat :
SDN Senayan Kecamatan Poto Tano KSB
G. AKOMODASI DAN KONSUMSI
Pelayanan akomodasi dan konsumsi kegiatan
disesuaikan dengan tempat pelaksanaan kegiatan. Untuk layanan konsumsi bagi
peserta, fasilitator, dan panitia bekerjasama dengan jasa katering yang ada.
H. STRUKTUR PROGRAM DAN JADWAL
Untuk
kelancaran pelaksanaan kegiatan pelatihan ditetapkan struktur program, materi
pelatihan, dan tagihan untuk tiap kelompok kerja sebagai berikut :
STRUKTUR
PROGRAM PELATIHAN
No.
|
Program dan materi Pelatihan
|
Jam Pelajaran
|
Tagihan
|
|
Teori
|
Praktik
|
|||
1.
|
PROGRAM UMUM
1.
Kebijakan Peningkatan Karier PTK
|
2
|
|
|
B.
|
PROGRAM POKOK
1.
Kurikulum SD 2013
![]()
2.
![]() ![]()
Publikasi Ilmiah
|
3
5
5
5
|
10
5
10
35
|
Hasil Analisis KI dan KD
Draft RPP Tematik
Integratif
RPP yang menerapkan Pembelajaran aktif
Bahan Ajar
Tinjauan ilmiahdan artikel ilmiah berbasis best practices
Proposal PTK
Laporan PTK
Laporan seminar PTK
|
|
|
|||
JUMLAH
|
80 JP
|
I.
Jadwal
Kegiatan
JADWAL KELAS KURIKULUM 2013
NO
|
WAKTU
|
HARI KE/MATERI
|
Nara Sumber/Guru Pemnadu
|
Hari ke 1
|
|||
1
|
07.30-08.05
|
Pembukaan
|
Kabid Dikdas KSB
|
2
|
08.05-08.40
|
Kebijakan Peningkatan Karier PTK SD
|
Kabid Dikdas KSB
|
3
|
08.40-09.15
|
Kebijakan Peningkatan Karier PTK SD
|
Kabid Dikdas KSB
|
|
09.15-09.30
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
4
|
09.30-10.05
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S Gugus III potoTano
|
5
|
10.05-10.40
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S
Gugus III potoTano
|
6
|
10.40-11.15
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S Gugus
III potoTano
|
7
|
11.15-11.50
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S
Gugus III potoTano
|
|
11.50-13.00
|
ISOMA
|
Panitia
|
8
|
13.00-13.35
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S
Gugus III potoTano
|
9
|
13.35-14.10
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
10
|
14.10-14.45
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
|
14.45-15.00
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
11
|
15.00-15.35
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
12
|
15.35-16.10
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
|
|
Hari ke 2
|
|
1
|
07.30-08.05
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
2
|
08.05-08.40
|
Perubahan Mindset
|
Guru Pemandu
|
3
|
08.40-09.15
|
Rasional dan Elemen Perubahan
kurikulum 2013
|
Guru Pemandu
|
|
09.15-09.30
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
4
|
09.30-10.05
|
SKL, KI, dan KD
|
Guru Pemandu
|
5
|
10.05-10.40
|
SKL, KI, dan KD
|
Guru Pemandu
|
6
|
10.40-11.15
|
Analisis SKL, KI, dan KD
|
Guru Pemandu
|
7
|
11.15-11.50
|
Analisis SKL, KI, dan KD
|
Guru Pemandu
|
|
11.50-13.00
|
ISOMA
|
Panitia
|
8
|
13.00-13.35
|
Konsep Pendekatan Saintifik
|
Guru Pemandu
|
9
|
13.35-14.10
|
Konsep Pendekatan Saintifik
|
Guru Pemandu
|
10
|
14.10-14.45
|
Konsep Penilaian Autentik
|
Guru Pemandu
|
|
14.45-15.00
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
11
|
15.00-15.35
|
Konsep Penilaian Autentik
|
Guru Pemandu
|
12
|
15.35-16.10
|
Konsep Penilaian Autentik
|
Guru Pemandu
|
|
|
Hari ke 3
|
|
1
|
07.30-08.05
|
Analisis Buku Siswa/Guru
|
Guru Pemandu
|
2
|
08.05-08.40
|
Analisis Buku Siswa/Guru
|
Guru Pemandu
|
3
|
08.40-09.15
|
Analisis Buku Siswa/Guru
|
Guru Pemandu
|
|
09.15-09.30
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
4
|
09.30-10.05
|
Merancang RPP
|
Guru Pemandu
|
5
|
10.05-10.40
|
Merancang RPP
|
Guru Pemandu
|
6
|
10.40-11.15
|
Merancang RPP
|
Guru Pemandu
|
7
|
11.15-11.50
|
Merancang RPP
|
Guru Pemandu
|
|
11.50-13.00
|
ISOMA
|
Panitia
|
8
|
13.00-13.35
|
Merancang RPP
|
Guru Pemandu
|
9
|
13.35-14.10
|
Merancang RPP
|
Guru Pemandu
|
10
|
14.10-14.45
|
Merancang RPP
|
Guru Pemandu
|
|
14.45-15.00
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
11
|
15.00-15.35
|
Merancang RPP
|
Guru Pemandu
|
12
|
15.35-16.10
|
Merancang RPP
|
Guru Pemandu
|
|
|
Hari ke 4
|
|
1
|
07.30-08.05
|
Merancang Penilaian Autentik
|
Guru Pemandu
|
2
|
08.05-08.40
|
Merancang Penilaian Autentik
|
Guru Pemandu
|
3
|
08.40-09.15
|
Merancang Penilaian Autentik
|
Guru Pemandu
|
|
09.15-09.30
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
4
|
09.30-10.05
|
Simulasi Pembelajaran (Merevisi RPP)
|
Guru Pemandu
|
5
|
10.05-10.40
|
Simulasi Pembelajaran (Merevisi RPP)
|
Guru Pemandu
|
6
|
10.40-11.15
|
Simulasi Pembelajaran (Merevisi RPP)
|
Guru Pemandu
|
7
|
11.15-11.50
|
Simulasi Pembelajaran (Merevisi RPP)
|
Guru Pemandu
|
|
11.50-13.00
|
ISOMA
|
Panitia
|
8
|
13.00-13.35
|
Peer Teching
|
Guru Pemandu
|
9
|
13.35-14.10
|
Peer Teching
|
Guru Pemandu
|
10
|
14.10-14.45
|
Peer Teching
|
Guru Pemandu
|
|
14.45-15.00
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
11
|
15.00-15.35
|
Rencana Tindak Lanjut
|
Guru Pemandu
|
12
|
15.35-16.10
|
Rencana Tindak Lanjut
|
Guru Pemandu
|
JADWAL KELAS KARYA TULIS ILMIAH (KTI)
NO
|
WAKTU
|
HARI KE/MATERI
|
Nara Sumber/Guru Pemnadu
|
Hari ke 1
|
|||
1
|
07.30-08.05
|
Pembukaan
|
Kabid Dikdas KSB
|
2
|
08.05-08.40
|
Kebijakan Peningkatan Karier PTK SD
|
Kabid Dikdas KSB
|
3
|
08.40-09.15
|
Kebijakan Peningkatan Karier PTK SD
|
Kabid Dikdas KSB
|
|
09.15-09.30
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
4
|
09.30-10.05
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S Gugus III potoTano
|
5
|
10.05-10.40
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S
Gugus III potoTano
|
6
|
10.40-11.15
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S
Gugus III potoTano
|
7
|
11.15-11.50
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S
Gugus III potoTano
|
|
11.50-13.00
|
ISOMA
|
Panitia
|
8
|
13.00-13.35
|
Pembelajaran Aktif
|
K3S
Gugus III potoTano
|
9
|
13.35-14.10
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
10
|
14.10-14.45
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
|
14.45-15.00
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
11
|
15.00-15.35
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
12
|
15.35-16.10
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
|
|
Hari ke 2
|
|
1
|
07.30-08.05
|
Penguatan Materi Pembelajaran
|
Pengawas TK/SD Poto Tano
|
2
|
08.05-08.40
|
PK Guru dan PKB untuk Pengembangan Karier
PTK
|
Guru Pemandu
|
3
|
08.40-09.15
|
PK Guru dan PKB untuk Pengembangan Karier
PTK
|
Guru Pemandu
|
|
09.15-09.30
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
4
|
09.30-10.05
|
Instrumen dan Teknik Pengumpulan
Data
|
Guru Pemandu
|
5
|
10.05-10.40
|
Instrumen dan Teknik Pengumpulan
Data
|
Guru Pemandu
|
6
|
10.40-11.15
|
Instrumen dan Teknik Pengumpulan
Data
|
Guru Pemandu
|
7
|
11.15-11.50
|
Instrumen dan Teknik Pengumpulan
Data
|
Guru Pemandu
|
|
11.50-13.00
|
ISOMA
|
Panitia
|
8
|
13.00-13.35
|
Instrumen dan Teknik Pengumpulan
Data
|
Guru Pemandu
|
9
|
13.35-14.10
|
Instrumen dan Teknik Pengumpulan
Data
|
Guru Pemandu
|
10
|
14.10-14.45
|
Instrumen dan Teknik Pengumpulan
Data
|
Guru Pemandu
|
|
14.45-15.00
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
11
|
15.00-15.35
|
Instrumen dan Teknik Pengumpulan
Data
|
Guru Pemandu
|
12
|
15.35-16.10
|
Instrumen dan Teknik Pengumpulan
Data
|
Guru Pemandu
|
|
|
Hari ke 3
|
|
1
|
07.30-08.05
|
Analisis dan Interprestasi Data
|
Guru Pemandu
|
2
|
08.05-08.40
|
Analisis dan Interprestasi Data
|
Guru Pemandu
|
3
|
08.40-09.15
|
Analisis dan Interprestasi Data
|
Guru Pemandu
|
|
09.15-09.30
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
4
|
09.30-10.05
|
Analisis dan Interprestasi Data
|
Guru Pemandu
|
5
|
10.05-10.40
|
Penyusunan Draf Proposal
|
Guru Pemandu
|
6
|
10.40-11.15
|
Penyusunan Draf Proposal
|
Guru Pemandu
|
7
|
11.15-11.50
|
Penyusunan Draf Proposal
|
Guru Pemandu
|
|
11.50-13.00
|
ISOMA
|
Panitia
|
8
|
13.00-13.35
|
Penyusunan Draf Proposal
|
Guru Pemandu
|
9
|
13.35-14.10
|
Penyusunan Draf Proposal
|
Guru Pemandu
|
10
|
14.10-14.45
|
Penyusunan Draf Proposal
|
Guru Pemandu
|
|
14.45-15.00
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
11
|
15.00-15.35
|
Penyusunan Draf Proposal
|
Guru Pemandu
|
12
|
15.35-16.10
|
Penyusunan Draf Proposal
|
Guru Pemandu
|
|
|
Hari ke 4
|
|
1
|
07.30-08.05
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
2
|
08.05-08.40
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
3
|
08.40-09.15
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
|
09.15-09.30
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
4
|
09.30-10.05
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
5
|
10.05-10.40
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
6
|
10.40-11.15
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
7
|
11.15-11.50
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
|
11.50-13.00
|
ISOMA
|
Panitia
|
8
|
13.00-13.35
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
9
|
13.35-14.10
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
10
|
14.10-14.45
|
Penyusunan Laporan
|
Guru Pemandu
|
|
14.45-15.00
|
COFFE BREAK
|
Panitia
|
11
|
15.00-15.35
|
Rencana Tindak Lanjut
|
Guru Pemandu
|
12
|
15.35-16.10
|
Rencana Tindak Lanjut
|
Guru Pemandu
|
J.
Strategi
Strategi Kegiatan yang digunakan
yaitu strategi Workshop/Bimtek dengan menggunakan prinsip pembelajaran orang
dewasa (andragogik) dan metode yang
bervariasi yang menekankan pada partisipasi aktif peserta sehingga menghasilkan
output/produk tertentu sehingga dapat memahami dan mengimplementasikan
Kurikulum 2013 dan dan PTK dapat itu sendiri.
Pentahapan kegiatan pelatihan dibagi dalam berapa
kegiatan utama, antara lain :
1.
Persiapan
a.
Sosialisasi program kepada kepala sekolah dan
guru.
b.
Penyusunan, pengesahan, pengiriman pelatihan
guru pemandu
c.
Rapat-rapat kepanitian
d.
Penetapan tim fasilitator/guru pemandu
e.
Penyusunan bahan ajar
f.
Pengesahan bahan ajar
2.
Pelaksanaan Skenario Strategi Kegiatan
a.
Kegiatan pelatihan dimulai dengan acara
pembukaan dan paparan kebijakan teknis pendidikan dasar. Pengembangan karir
guru, dan PK Guru dan PKB.
b.
Penjelasan teknis pelatihan oleh ketua panitia
dan penanggungjawab program.
c.
Penyampaian materi teori dan praktik
d.
Implementasi pembelajaran
e.
Partisipatif peserta untuk mengkaji materi dan
konsep dasarnya.
f.
Berorientasi proses dengan sistem andragogik
g.
Fasilitator memberikan rangkuman hasil diskusi
serta penguatan diakhir sesi
h.
Action Plan
Action plan dibuat perkelompok dengan rencana
pengimbasan dan tindak lanjut pertemuan PKB di KKG gugus.
.
Selanjutnya evaluasi dilakukan untuk mengetahui
efektivitas kegiatan terkait peserta, fasilitator, program, maupun sarana,
dengan tujuan agar diketahui kelemahannya untuk penyempurnaan.setelah kegiatan
berakhir, peserta akan diberikan sertifikat apabila :
1.
Memiliki sikap yang baik terhadap materi,
fasilitator, maupun proses pembelajaran, aktif mengikuti kegiatan dari awal
hingga akhir, mematuhi aturan yang ditetapkan, serta hadir dalam pertemuan
kelas minimal 95%.
2.
Memiliki tingkat penguasaan materi yang baik,
melalui evaluasi proses yang ditunjukkan dengan ketuntasan tagihan belajar.
3.
Berorientasi pada proses dan ditetapkan kelayakan
terhadap pengetahuan, sikap, dan ketuntasan tagihan.
K.
PESERTA
DAN PERSYARATAN
DAFTAR
PESERTA PELATIHAN:
NO
|
NAMA
|
TEMPAT TUGAS
|
JABATAN
|
|
|
KURIKULUM 2013 KELAS I
|
GR. KELAS
|
GTT
|
|
1
|
KAMALIAH,
S. PdI
|
SDN KOKARLIAN
|
|
![]() |
2
|
JAMILA
|
SDN TEBO
|
![]() |
|
3
|
HADIJAH,
S. Pd
|
SDN
SENAYAN
|
![]() |
|
4
|
NURSURAIDAH
|
SDN
TAMBAK SARI
|
![]() |
|
5
|
KALSUMAWATI,
S. PD.SD
|
SDNDAYA MAKUR
|
|
![]() |
6
|
ABDUL HAMID
|
SDN TUA
NANGA
|
![]() |
|
7
|
M. AMIN
|
SDN OMAL
SAPA
|
![]() |
|
8
|
SYRIFATULLAH
|
SDN POTO
TANO
|
|
![]() |
9
|
NAZARUDDIN, S. Pd
|
SDN
KUANG BUSIR
|
![]() |
|
10
|
ISMAIL
|
SDN
MANTAR
|
![]() |
|
11
|
YANTI,S.
Pd
|
SDN
SAGENA
|
|
![]() |
12
|
SUPIANI
|
MI
MARAQITA LIMAT
|
|
|
|
KURIKULUM 2013 KELAS IV
|
|
||
1
|
JUNAIDI,
S. Pd
|
SDN
KUANG BUSIR
|
![]() |
|
2
|
HADI
SUCIPTO
|
SDN TEBO
|
![]() |
|
3
|
MUHAMMAD ZAINUDDIN MANSYUR
|
SDN
MANTAR
|
![]() |
|
4
|
NOVI OCTAVIA, S. Pd
|
SDN OMAL
SAPA
|
![]() |
|
5
|
JAMALUDDIN
|
SDN
KOKARLIAN
|
![]() |
|
6
|
ABDUL
KARIM
|
SDN
TAMBAK SARI
|
|
![]() |
7
|
SITI
AISYAH
|
SDN
SENAYAN
|
![]() |
|
8
|
ARIFIN
|
SDN TUA
NANGA
|
![]() |
|
9
|
AHMAD,
S S. Adm
|
SDN POTO
TANO
|
![]() |
|
10
|
ISKANDAR ZULKARNAEN
|
SDN DAYA
MAKMUR
|
![]() |
|
|
KELAS KTI
|
|
|
|
1
|
AGUS, S.
Pd
|
SDN DAYA
AKMUR
|
![]() |
|
2
|
ROLI ADEKAMULANA
|
SDN KOKARLIAN
|
|
![]() |
3
|
HASMAWATI,
A. Ma
|
SDN
TAMBAK SARI
|
![]() |
|
4
|
HISNAYATI,
A. Ma
|
SDN
SENAYAN
|
![]() |
|
5
|
LALU
WIRABANGSA, A. Ma
|
SDN OMAL
SAPA
|
![]() |
|
5
|
HASANUDDIN
|
SDN TUA
NANGA
|
![]() |
|
7
|
ANDI
TANRAENG
|
SDN
MANTAR
|
![]() |
|
8
|
SUSRONAYADI,
S. PdI
|
SDN TEBO
|
|
![]() |
9
|
SYAMSUL
HARIS, A. Ma. Pd. SD
|
SDN
KUANG BUSIR
|
![]() |
|
10
|
SRI
UTARI, S. Pd
|
SDN
TABAK SARI
|
![]() |
|
Peserta pelatihan
ini adalah guru kelas, dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Peserta yang dilibatkan adalah anggota aktif
pada KKG/MGMP sewilayah gugus III Poto Tano dengan alamat SDN Senayan.
2. Memahami konsep dan menguasai seluruh tagihan
pelatihan.
3. Berkemampuan untuk mengimbaskan kembali konsep
dan praktik materi yang disajikan kepada teman sejawat di sekolah masing-masing
Tata
tertib, kewajiban dan hak peserta selama kegiatan pelatihan peningkatan karir
guru di KKG Gugus III Kec. Poto Tano dilaksanakan, diatur sebagai berikut :
a. Tata Tertib Peserta
1. Peserta sudah hadir di kelas minimal 5 (lima)
menit sebelum sesi dimulai.
2. Mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sesuai
dengan jadwal yang ditetapkan
3. Apabila akan meninggalkan tempat kegiatan
harus dengan seijin panitia.
4. Mengisi daftar hadir peserta.
5. Berpakaian rapi dan sopan saat pelaksanaan
kegiatan pelatihan.
6. Ikut menjaga dan memupuk suasana kekeluargaan
baik di dalam maupun di luar kelas.
b. Kewajiban Peserta
1. Registrasi kepada panitia penyelenggara.
2. Menyerahkan semua persyaratan yang ditetapkan
sebagai peserta kepada panitia sebelum kegiatan dimulai.
3. Mematuhi tata tertib yang ditetapkan.
c. Hak Peserta
1. Peserta diterima di tempat kegiatan pada waktu
yang telah ditentukan.
2. Selama pelaksanaan kegiatan pelatihan, peserta
mendapatkan pelayanan akomodasi dan konsumsi dengan jadwal yang ditetapkan.
3. Mendapat Sertifikat Pelatihan.
L.
Hasil Kegiatan
Dalam pelatihan tersebut
dapat dihasilkan beberapa hal antara lain :
1. Tersusunnya beberapa contoh Silabus
dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan dengan nilai-nilai
karakter bangsa.
2. Tersusunnya beberapa contoh hasil
Analisis KI dan KD
3. Tersusun beberapa contoh Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran berkarakter bangsa (Kurikulu 2013).
4. Dipraktekkannya model pelaksanaan
pembelajaran yang efektif
5. Terselesaikannya semua jenis tagihan
yang diprogramkan dalam pelatihan.
6. Tersusunnya contoh proposal KTI
berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
7. Tersusunnya Action Plan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
BAB III
REKAMAN PROSES KEGIATAN DAN HASIL
A.
REKAMAN
PROSES KEGIATAN
Bimtek Bagi guru pemandu KKG melalui
Peningkatan Karir PTK Pendidikan Dasar kerjasama dengan LPMP NTB telah
dilaksanakan dari tanggal 29 s.d 31 Oktober 2013 bertempat di Grand Hotel
Teratai Suranadi Mataram. Sebagai
kelanjutan kegiatan di atas KKG Gugus III Poto Tano melaksanakan Bimtek yang
sama pada tanggal 13 s.d 16 2013 bertempat di SDN Senayan Kecamatan Poto Tano
dengan lancar, tertib, dan aman. Proses kegiatan diawali dengan acara pembukaan
oleh Kabid. Dikdas Dikbud Kabupaten Sumbawa Barat. yang didampingi oleh Kepala
UPTD Dikbud Pembinaan Manajemen Kecamatan Seteluk dan Poto tano dan dua orang
Pengawas TK.SD Kecamatan Seteluk dan dan dihadiri oleh 11 Kepala Sekolah Dasar
yang ada di wilayah binaan KKG Gugus III Poto Tano. Begitu juga pada saat mengakhiri pelatihan
diadakan penutupan secara resmi pula yang ditutup oleh Kepala UPTD Dikbud
Pembinaan Manajemen Kecamatan Seteluk dan Poto tano
Pelatihan berjalan selama 4 (empat) hari sejak
pukul 07.30 s.d 16.10 dengan pola pendukung 48 jam. Peserta diikuti oleh 32 orang
yang mewakili 10 (sepuluh) Sekolah Dasar dalam wilayah gugus III Poto Tano dan
2 (dua) orang peserta dari sekolah baru operasionalnya, sehingga jumlah
keseluruhan peserta pelatihan sebanyak 32 (tiga puluh dua) orang.
Proses kegiatan menerapkan metode partisipatif,
diskusi, curah pendapat, praktek, presentasi, kerja kelompok, dan pemberian
tugas. Pembelajaran menggunakan
pendekatan andragogik. Setiap materi pelatihan diakhiri dengan tagihan kegiatan
berupa lembar kerja, tugas kelompok, dan lain-lain.
Dalam
pembelajaran dan setiap sesi materi didokumentasi dan diinventaris semua
kegiatan dengan gambar dan tagihan (terlampir). Diakhir pelatihan disusun
bentuk action plan berupa pertemuan di KKG
dalam rangka kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang
direncanakan akan mulai sekitar bulan Januari-Jini 2014. Adapun pembagian tugas
disepakati dengan pola KKG Umum dan KKG Guru Kelas I- II, III, IV, V, dan VI.
Selama Kegiatan Bimtek PTK SD 2013 kami juga
mengalami beberapa kendala yang disebabkan oleh : 1) Masih banyak guru yang kurang
berkemampuan untuk perbaikan dan penyempurnaan pembelajaran yang bermutu dan
berkelanjutan. 2) Belum terwujudnya peningkatan mutu layanan pembelajaran yang
menyenangkan, berkualitas dan bermakna bagi siswa dalam pengembangan diri dan
pencapaian standar nasional pendidikan. 3) Belum terwujudnya satuan pendidikan
yang mampu membangun sistem jejaring belajar bagi warganya untuk mengembangkan
profesionalisme yang mandiri, berkarakter, dan berkelanjutan. 4) Kurang tersedianya guru di tiap sekolah baik sekolah
inti maupun sekolah imbas yang mampu memfasilitasi teman sejawatnya bahkan
masih banyak guru yang belum menguasai AT. Oleh sebab itu dengan adanya Bantuan
Peningkatan Karier PTK SD Tahun 2013 oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan
Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar 2013 ini, maka kami sebagai pengurus KKG
Gugus III Poto Tano mengganggap perlu untuk melakukan langkah-langkah sebagai
berikut.
1. Melakukan kerjasama dengan LPMP NTB,
untuk melaksanakan Bimtek Guru Pemandu KKG
2. Melaksanakan Bimtek PTK dan dan Sosialisasi
Kurikulum 2013 di KKG Gugus III Poto Tano dengan memberdayakan Guru Pemandu dan
fasilitator dari pewakilan Kepala sekolah dan Pengawas untuk : a) Mengembangkan
Kurikulum 2013 serta perencanaan pembelajaran bermutu. b) Pegembangan
keprofesian berkelanjutan untuk karir dan kepangkatan guru
3. Melatih peserta sebanyak 3 0rang dari
masing-masing sekolah imbas agar dapat mempasilitasi teman sejawatnya di
sekolah masing-masing.
4. Menggunakan
metode yang bervariasi yang menekankan
pada partisipasi aktif peserta sehingga menghasilkan output/produk tertentu
sehingga dapat memahami dan mengimplementasikan Laporan Penelitian Tindakan
Kelas dan Kurikulum 2013.
5. Bimtek
ini dilaksanakan mengingat bahwa guru mempunyai tugas yang sangat penting untuk
dapat menguasai kurikulum 2013, perencanaan pembelajaran, melaksanakan
pembelajaran, yang dapat memberdayakan siswa, mamapu melaksanakan penilaian,
serta berkemampuan untuk mengebangkan keprofesiannya secara berkelanjutan (PKB)
agar dapat mengembangkan karir dan dan kepangkatannya. Oleh karena itu untuk
mewujudkan hal tersebut di atas perlu kegiatan semacam ini untuk dilanjutkan di
KKG, dan kami berharap agar Bantuan Peningkatan Karier PTK SD dari Direktorat Pembinaan Pendidikan dan
Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar ini dapat mempertimbangkan untuk dapat
memberikan bantuan kepada KKG Gugus III Poto Tano, agar anggota KKG Gugus III
Poto Tano lebih maju lagi dalam memberdayakan anggotanya dan menjadi guru yang
professional.
B.
HASIL
YANG TELAH DICAPAI
Dalam pelatihan tersebut dapat dihasilkan
beberapa hal antara lain :
1. Tersusunnya beberapa contoh Analisis KI dan KD
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2013 yang dikembangkan dengan nilai-nilai
karakter bangsa.
2. Tersusunnya beberapa contoh Proposa dan
Laporan PTK, indikator silabus, indikator
soal, instrumen, dan penskoran penilaian sebagai bentuk pengembangan
profesi guru.
3. Terselesaikannya semua jenis tagihan yang
diprogramkan dalam pelatihan.
4. Tersusunnya contoh proposal KTI berbentuk
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
5. Tersusunnya Action Plan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
BAB IV
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN
Pembiayaan kegiatan pelatihan ini sepenuhnya
dibebankan pada anggaran yang tersedia pada KKG/MGMP yang telah diterima dari
DBL tahun 2013, yang telah digunakan
untuk :
a.
Belanja bahan : ATK, penggandaan dan penjilidan panduan dan
bahan ajar, bahan/materi kegiatan, layanan akomodasi dan konsumsi, sertifikat,
surat-menyurat, publikasi, dan dokumentasi, rapat penyusunan bahan ajar,
evaluasi, pelaporan, biaya pelatihan guru pemandu dan lain-lain.
b.
Belanja jasa profesi : terkait dengan honor fasilitator
c.
Honor yang terkait dengan out put kegiatan: antara lain honor pengarah, penanggungjawab,
kepanitiaan, dan honor penyusun bahan ajar.
Berikut
disajikan Laporan Perubahan Keuangan
Bantuan Peningkatan Karier PTK SD
Melalui
Kegiatan KKG sebagai berikut :
Peneriaan
|
Pengeluaran
|
||||
Tanggal
|
Uraian
|
Rp
|
Tanggal
|
Uraian
|
Rp
|
30/09/13
|
DBL 2013
|
28.000.000
|
28/10/13
|
1. Persiapan
|
|
|
|
|
|
a.
Biaya Rapat
b.
Pembuatan dan Penyusunan Proposal
c.
ATK
-
Ksekretariatan
-
Peserta
|
135,000,-
300,000,-
365,000,-
600.000,-
|
|
Jumlah
|
1,400,000,-
|
|||
|
2. Pelaksanaan Kegiatan
|
|
|||
31/10/13
|
Setor Ke Panitia Kegiatan
Bimtek Guru Pemandu KKG di Mataram
|
10,800,000,-
|
|||
13/11/13
|
a.
Pembukaan
|
400,000,-
|
|||
16/11/13
|
b.
Uang
Harian
|
|
|||
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
|
Panitia
Peserta
Narasumber
Dikbud Kab
Narasuber
Lokal
Narasuber
Pengawas
Narasumber
K. Sekolah
|
480,000,-
2,400,000,-
300,000,-
1,800,000,-
250,000,-
250,000,-
|
|||
|
c.
Transportasi
|
|
|||
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
|
Panitia
Peserta
Narasumber
Dikbud Kab
Narasuber
Lokal
Narasumber
Pengawas
Narasumber K. Sekolah
|
240,000,-
1,200,000,-
50,000,-
480,000,-
20,000,-
20,000,-
|
|||
|
d.
Konsumsi
|
|
|||
18/11/13
18/11/13
18/11/13
18/11/13
18/11/13
|
Panitia
Peserta
Narasuber
Lokal
Narasuber
Pengawas
Narasumber K. Sekolah
|
600,000,-
3,000,000,-
600,000,-
25,000,-
25,000,-
|
|||
-
|
e. Akomodasi
|
-
|
|||
11/11/13
|
f.Penggandaan
Materi
|
1,440,000,-
|
|||
20/11/13
|
g.Dokumentasi
|
250,000,-
|
|||
20/11/13
|
h.
Sertifikat
|
570,000,-
|
|||
|
Jumlah
|
25,200,000,-
|
|||
|
3. Pelaporan
|
|
|||
20/11/13
20/11/13
|
a.
Penulisan
Laporan
b.
Pengfgandaan
hasil workshop
|
300,000,-
400,000,-
|
|||
|
Jumlah
|
700,000,-
|
|||
20/11/13
|
4. Publikasi Blok Gugus
|
700,000,-
|
|||
|
Jumlah
|
700,000,-
|
|||
JUMLAH 1+2+3+4
|
28,000,000,-
|
Ketua
KKG Bendahara
Pengeluaran
HASBULLAH,
S. Pd SITI
MINA, S. Pd.SD
NIP
196910062005011008 NIP
196906242000122002
BAB V
PENUTUP
Ø Kesimpulan
Demikian
laporan ini dibuat untuk pertanggungjawaban dalam merealisasikan operasionalnya
dan sebagai bahan informasi bagi semua pihak terhadap penyelenggara kegiatan
pelatihan guru di KKG Gugus III Poto Tano sebagai penerima DBL dari PPTK-Dikdas
tahun 2013. Hal-hal lain yang dianggap perlu dan belum tertuang dalam
laporan ini akan diinformasikan lebih
lanjut. Harapan kita bersama, apa yang kita dapatkan dalam kegiatan ini dapat
kita implementasikan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di tempat
masing-masing. Terima kasih.
Lampiran-Lampiran
a. Dokumen-dokumen tertulis termasuk produk peserta bantuan peningkatan
karier PTK berupa Karya Tulis Ilmiah (Laporan Penelitian/artikel ilmiah)
foto-foto kegiatan , dan bukti penggunaan dana sesuai dengan ketentuan yang
telah diuraikan di atas
b. Panduan Kegiatan
c. Daftar hadir peserta
d. Daftar Hadir Fasilitator/Narasumber
e. Daftar Hadir Panitia
f.
Biodata
panitia
g. Biodata Fasilitator
h. Biodata peserta
i.
Materi
Sajian/Handout
j.
Foto
Copy Surat Keterangan/setifikat
k. Foto-foto Dokumentasi
![]() |

DI MATARAM
TANGGAL 29
OKTOBER 2013





FASILITATOR
PEMBELAJARAN AKTIF DAN PENGUATAN MATERI PEMBELAJARAN

GURU PEMANDU
KTI

GURU PEMANDU
KURIKULUM 2013 KELAS IV

GURU PEMANDU
KURIKULUM 2013 KELAS I

PESERTA
PELATIHAN KURUKULUM 2013 KELAS IV

PESERTA KTI

PESERTA
PELATIHAN KURIKULUM 2013 KELAS I
kok fotonya ga ada mas ?
BalasHapus