Kamis, 01 Mei 2014

Laporan Workshop


BAB I
PENDAHULUAN


A.       Latar Belakang 
Pengembangan sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan profesionalitas guru, merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai petugas profesional.
Pengembangan atau peningkatan kemampuan profesional harus bertolak pada kebutuhan atau permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru, agar bermakna. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) mengamanatkan guru untuk memiliki: (1) kualifikasi akademik minimum S1/D-IV; (2) kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional; dan (3) sertifikat pendidik.

Upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan keprofesionalannya dilakukan melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan yang merupakan unsur utama dalam pengembangan karir guru, sebagaimana dijelaskan dalam Permenneg PAN dan RB No. 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Peraturan tersebut menjelaskan 2 (dua) hal terkait dengan unsur-unsur utama yakni (a) melaksanakan tugas pembelajaran/pembimbingan dan tugas lain yang sesuai dengan fungsi sekolah, dan (b) pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), dan tugas lain yang menunjang kegiatan guru. Berkenaan dengan tugas guru dalam pembelajaran/pembimbingan, untuk mengetahui kinerjanya, seorang guru perlu melakukan evaluasi diri serta dilakukan penilaian atas kinerjanya terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Mengingat bahwa pelaksanaan tugas utamanya tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan, dan keterampilan untuk menciptakan pembelajaran berkualitas. Penguasaan kompetensi dan penerapan pengetahuan serta keterampilan guru, sangat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran atau pembimbingan peserta didik, dan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan bagi sekolah.

Sebagai salah satu sarana dalam memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karir, maupun kepangkatan, guru diharapkan menggabungkan diri melakukan kegiatan kolektif guru dan menjadi anggota organisasi profesi yang bersifat independen. Salah satu bentuknya adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dengan pembentukan ini seluruh anggota dapat memberdayakan dirinya untuk mencapai tujuan bersama berdasarkan ketetapan bersama, sehingga diharapkan KKG/MGMP dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kompetensi dan kinerja anggotanya untuk meningkatkann kualitas proses pembelajaran melalui rangkaian kegiatan perencanaan pembelajaran yang efektif, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian sesuai tujuan yang ditetapkan, serta melakukan pengkajian pembelajaran untuk perbaikan berkelanjutan. Di samping itu, kegiatan-kegiatan KKG/MGMP juga dapat membantu guru dalam perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat maupun peningkatan kualifikasi.

B.        Dasar Hukum
Pelaksanaan pelatihan peningkatan karir guru KKG gugus VI Janapria (Pendem-Durian) tahun 2012 ini didasarkan pada :
Undang-undang RI No. 20/2003 tentang Sisdiknas.
1.      Undang-undang RI No. 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah.
2.      Undang-undang RI No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen.
3.      Peraturan Pemerintah No. 19/2005 tentang SNP
4.      Peraturan Pemerintah No. 74/2008 tentang Guru
5.      Peraturan Pemerintah No. 17/2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
6.      Permenneg PAN dan RB No. 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
7.      Permendiknas No. 16/2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
8.      Program kerja LPMP NTB tahun 2013.
9.      Pedoman pemberian DBL pengembangan karir PTK Dikdas tahun 2013
10.  Keputusan Direktur PPTK Dikdas tentang Daftar Nama Penerima Pemberian DBL peningkatan karir PTK Dikdas.
11.  Kesepakatan kemitraan antara Direktorat Pembinaan PTK Dikdas, LPMP NTB dengan KKG/MGMP Penerima DBL Dikdas Tahun 2013

C.      Tujuan
1. Tujuan Umum Program ini bertujuan untuk mengembangkan karier Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) SD melalui kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus III  Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat.
2.  Tujuan Khusus
a.         Memahami berbagai peraturan dan kebijakan yang terkait dengan pembinaan, pengembangan karir, dan peningkatan profesionalisme guru.
b.         Meningkatkan Karier Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih professional.
c.         Memahami strategi penyempurnaan pembelajaran bermutu melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan guru.
d.         Meberdayakan dan membantu anggota KKG Gugus III Poto Tano dalam melaksanakan Pembelajaran di sekolah.
e.          Membantu guru untuk memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat, peningkatan kualifikasi akademik guru dan persiapan guru dalam menghadapi proses sertifikasi.

D.   QUOTA DAN SASARAN PESERTA
Berkenaan dengan pemberian DBL tahun 2013 dengan ketetapan tersebut, dialokasikan jumlah peserta pelatihan Peningkatan Karir Guru di KKG gugus III Poto Tano  sebagai berikut :

No.
Nama Sekolah
Guru
Total
Keterangan
1.
SDN SENAYAN
3
3

2.
SDN TEBO
3
3

3.
SDN TAMBAK SARI
3
3

4.
SDN POTO TANO
3
3

5.
SDN KOKARLIAN
3
3

6.
SDN DAYA MAKUR
3
3

7
SDN KUANG BUSIR
3
3

8
SDN TUA NANGA
3
3

9
SDN MANTAR
3
3

10
SDN OMAL SAPA
3
3

11
SDN SAGENA
1
1
Swadaya
12
MI
1
1
Swadaya
Total
32
32


      Rincian peserta berdasarkan jenis kegiatan sebagai berikut :
No.
Nama Sekolah
Peserta
Pelaksanaan
Keterangan
Kur. I
Kur. IV
PKB
Total
Tanggal/Tempat
1.
SDN SENAYAN
1
1
1
3
13-16 Nov 2013
SDN Senayan
Kec. Poto Tano
KSB
Setiap SD mengirimkan anggotanya sebagai peserta BIMTEK PTK
2.
SDN TEBO
1
1
1
3
3.
SDN TAMBAK SARI
1
1
1
3
4.
SDN POTO TANO
1
1
1
3
5.
SDN KOKARLIAN
1
1
1
3
6.
SDN DAYA MAKUR
1
1
1
3
7
SDN KUANG BUSIR
1
1
1
3
8
SDN TUA NANGA
1
1
1
3
9
SDN MANTAR
1
1
1
3
10
SDN OMAL SAPA
1
1
1
3
11
SDN SAGENA
1


1
12
MI
1


1

Total
32


32





BAB II
PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN

Dana Bantuan Langsung (DBL) dari Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan  Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dimutasi ke rekening KKG Gugus III Poto Tano pada tanggal 30/09/13. (a. Pencairan pertama tanggal 26/10/13 untuk persiapan Bimtek PTK SD  di LPMP dari tanggal 29 s.d 31 0ktober 2013. b. Pencairan kedua pada tanggal 08/11/13 yang diperuntukan untuk persiapan kegiatan Bimtek PTK SD 2013 di KKG Gugus III Poto Tano) yang merupakan Bimtek lanjutan dari kegiatan Bimtek di LPMP Mataram.

A.       Persiapan Kegiatan
Adapun persiapan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1.      Sosialisasi program kepada kepala sekolah dan guru.
2.      Penyusunan, pengesahan, pengiriman pelatihan guru pemandu.
3.      Rapat-rapat kepanitian, Penetapan tim fasilitator/guru pemandu.
4.      Penyusunan bahan ajar.
5.      Pengesahan bahan ajar.
B.        Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan pelatihan ini akan dapat berjalan dengan baik, apabila adanya partisipasi, dukungan, dan kerjasama yang baik di antara semua pihak yang terlibat. Karena itu, untuk kelancaran penyelenggaraan kegiatan pelatihan, disusun petunjuk teknis atau langkah-langkah ini sebagai acuan sebagai berikut :
a.    Pembentukan Personalia Kegiatan
Personalia yang diharapkan terlibat dalam kegiatan pelatihan ini adalah :
1.      Pengarah
·           Kepala Dikdas Dikbud Kabupaten Subawa Barat.
2.      Penanggungjawab
·           Ketua Gugus III Kecamatan Poto Tano.
·           Ketua KKG Gugus III Kecamatan Poto Tano.
3.      Fasilitator/Guru Pemandu
·           Pengawas TK SD Kecamatan Seteluk dan Poto Tano.
·           Ketua K3S Kecamatan Seteluk dan Poto Tano.
·           Guru Pemandu KKG.



4.      Kepanitiaan
·           Panitia pelaksana kegiatan pelatihan ini adalah Pengurus KKG gugus III Poto Tano, Guru Pemandu, yang terdiri dari 1(satu) orang Penanggungjawab, 1 (satu) orang Ketua 1 (satu) orang sekretaris, dan 1 (satu) orang bendahara, dan  2  orang anggota.
·           Berkewajiban untuk membantu kelancaran kegiatan pelatihan, baik kegiatan akademik maupunnon akademik.
.
C.      Susunan Kepanitiaan :

SUSUNAN PANITIA KEGIATAN
No.
Nama
Jabatan
Jabatan Kepanitian
1
SUMIATI, S. Pd
Ketua Gugus III Poto Tano
Penanggung Jawab
2
HASBULLAH, S. Pd
Ketua KKG
Ketua
3
DEWI SARTiKA, S. Pd.SD
Guru SDN Tebo
Sekretaris
4
SITI MINA
Guru SDN Senayan
Bendahara
5
BUSRA, S. Pd
Guru SDN Poto tano
Anggota
6
ISKANDAR ZULKARNAEN, A. Ma
Guru SDN Daya Makmur
Anggota

Adapun  Tim Fasilitator / Guru Pemandu serta Materi yang telah terealisasi pada pelatihan ini sebagai berikut :

No.
Nama
Jabatan
Materi  Pelatihan
1
Abdul Szis, S.Pd
Kabid Dikdas Dikbud KSB
Kebijakan Peningkatan Karir PTK SD
2
Muhammad, S. Pd., MM


Kepala SDN Poto Tano
Pembelajaran Aktif
-          Pengertian Pembelajaran Aktif
-          Prinsip Pembelajaran Aktif
-          Unsur Pembelajaran Aktif
-          Model Pembelajaran Aktif
-          Praktik Pembelajaran Aktif
3
Yusman, S. Pd., MM

Pengawas TK/SD
Penguatan Materi Pembelajaran
-          Materi Ke-SD-an (MTK, IPA,
-          IPS dan PKn
4

ISTIQAMAH, A. Ma

SYIRAJUDDIN, A. Ma
Guru SDN Kuang Busir
(Gr. Pemndu)
Guru SDN Kokarlian
(Gr. Pemandu)
-          Analisis KI dan KD
-          Analisis Materi Esensial
-          Scientif Approach
-          Penilaian Otentik
-          Tematik Integratif
5

Dewi Sartika, S. Pd. SD

ALWIN, S. Pd
Guru SDN Tebo
(Gr. Pemandu)

Guru SDN Omal Sapa
(Gr. Pemandu)
-          Analisis KI dan KD
-          Analisis Materi Esensial
-          Scientif Approach
-          Penilaian Otentik
-          Tematik Integratif
7

HASBULLAH, S. Pd


BUSRA, S. Pd
 Guru SDN Daya Makmur
(Gr. Pemandu)

Guru SDN Poto Tano
(Gr. Pemandu)
Publikasi Ilmiah
-          Tinjauan Ilmiah dan
Artikel Ilmiah
-          Proposal PTK
-          Laporan PTK
D.     Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah :
1.    Tersedianya guru di tiap sekolah baik sekolah inti maupun sekolah imbas yang mampu memfasilitasi teman sejawatnya.
2.    Memahami teori dan praktik perencanaan, pelaksaaan, dan evaluasi pembelajaran, serta pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui penyelesaian tagihan pembelajaran yang bermutu.

E.    Manfaat
1.             Meningkatnya pengembangan karier dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pendidik;
2.    Melalui keikutsertaan dalam kelompok kerja, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dapat memperoleh sejumlah angka kredit yang diperlukan untuk kenaikan pangkat dan jabatan.
Dampak-dampak yang ingin diperoleh melalui pelaksanaan kegiatan pemberian bantuan dana pengembangan karier guru SD, antara lain:
1.       Terwujudnya guru yang berkemampuan untuk perbaikan dan penyempurnaan pembelajaran yang bermutu dan berkelanjutan.
2.       Terwujudnya peningkatan mutu layanan pembelajaran yang menyenangkan, berkualitas dan bermakna bagi siswa dalam pengembangan diri dan pencapaian standar nasional pendidikan.
3.       Terwujudnya satuan pendidikan yang mampu membangun sistem jejaring belajar bagii anggotanya untuk mengembangkan profesionalisme yang mandiri, berkarakter, dan berkelanjutan.
4.      Terwujudnya kerjasama antar sekolah, Dinas Dikbud, dan LPMP terkait dalam pengembangan kreativitas dan inovasi layanan pendidikan serta peningkatan standar dan kualitas pendidikan.
5.      Peningkatan umpan balik sebagai masukan perencanaan program/kegiatan dalam pengembangan profesionalisme dan karier anggota kelompok kerja guru dalam lingkup gugus sekolah;
6.      Peningkatan profesionalitas anggota kelompok kerja guru yang dibuktikan dengan perubahan perilaku, tingginya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan karier;
7.      Peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran;
8.      Peningkatan kebermaknaan pembelajaran dan mutu pendidikan secara nasional.  
 
F.         WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 4 (empat hari kerja selama bulan November 2013. Tempat dan waktu pelaksanaan kegiatan pelatihan ditetapkan sebagai berikut :
Hari                      : Rabu  s.d  Sabtu
Tanggal                : 13 s.d 16 November 2013
Tempat                 : SDN Senayan Kecamatan Poto Tano KSB

G.       AKOMODASI DAN KONSUMSI

Pelayanan akomodasi dan konsumsi kegiatan disesuaikan dengan tempat pelaksanaan kegiatan. Untuk layanan konsumsi bagi peserta, fasilitator, dan panitia bekerjasama dengan jasa katering yang ada.

H.       STRUKTUR PROGRAM DAN JADWAL

Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan pelatihan ditetapkan struktur program, materi pelatihan, dan tagihan untuk tiap kelompok kerja sebagai berikut :

STRUKTUR PROGRAM PELATIHAN

No.
Program dan materi Pelatihan
Jam Pelajaran
Tagihan
Teori
Praktik
1.
PROGRAM UMUM
1.    Kebijakan Peningkatan Karier PTK

2





B.
PROGRAM POKOK
1.    Kurikulum SD 2013


 

2.    Pembelajaran Aktif



Penguatan Materi Pembelajaran

Publikasi Ilmiah

3



5




5


5

10



5




10


35



Hasil Analisis KI dan KD

Draft RPP Tematik Integratif

RPP yang menerapkan Pembelajaran aktif


Bahan Ajar



Tinjauan ilmiahdan artikel ilmiah berbasis best practices
Proposal PTK
Laporan PTK
Laporan seminar PTK



JUMLAH


80 JP












I.          Jadwal Kegiatan
JADWAL KELAS KURIKULUM 2013
NO
WAKTU
HARI KE/MATERI
Nara Sumber/Guru Pemnadu
Hari ke 1
1
07.30-08.05
Pembukaan
Kabid Dikdas KSB
2
08.05-08.40
Kebijakan Peningkatan Karier PTK SD
Kabid Dikdas KSB
3
08.40-09.15
Kebijakan Peningkatan Karier PTK SD
Kabid Dikdas KSB

09.15-09.30
COFFE BREAK
Panitia
4
09.30-10.05
Pembelajaran Aktif
 K3S  Gugus III potoTano
5
10.05-10.40
Pembelajaran Aktif
K3S  Gugus III potoTano
6
10.40-11.15
Pembelajaran Aktif
K3S  Gugus III potoTano
7
11.15-11.50
Pembelajaran Aktif
K3S  Gugus III potoTano

11.50-13.00
ISOMA
Panitia
8
13.00-13.35
Pembelajaran Aktif
K3S  Gugus III potoTano
9
13.35-14.10
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano
10
14.10-14.45
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano

14.45-15.00
COFFE BREAK
Panitia
11
15.00-15.35
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano
12
15.35-16.10
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano


Hari ke 2

1
07.30-08.05
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano
2
08.05-08.40
Perubahan Mindset
Guru Pemandu
3
08.40-09.15
Rasional dan Elemen Perubahan kurikulum 2013
Guru Pemandu

09.15-09.30
COFFE BREAK
Panitia
4
09.30-10.05
SKL, KI, dan KD
Guru Pemandu
5
10.05-10.40
SKL, KI, dan KD
Guru Pemandu
6
10.40-11.15
Analisis SKL, KI, dan KD
Guru Pemandu
7
11.15-11.50
Analisis SKL, KI, dan KD
Guru Pemandu

11.50-13.00
ISOMA
Panitia
8
13.00-13.35
Konsep Pendekatan Saintifik
Guru Pemandu
9
13.35-14.10
Konsep Pendekatan Saintifik
Guru Pemandu
10
14.10-14.45
Konsep Penilaian Autentik
Guru Pemandu

14.45-15.00
COFFE BREAK
Panitia
11
15.00-15.35
Konsep Penilaian Autentik
Guru Pemandu
12
15.35-16.10
Konsep Penilaian Autentik
Guru Pemandu


Hari ke 3

1
07.30-08.05
Analisis Buku Siswa/Guru
Guru Pemandu
2
08.05-08.40
Analisis Buku Siswa/Guru
Guru Pemandu
3
08.40-09.15
Analisis Buku Siswa/Guru
Guru Pemandu

09.15-09.30
COFFE BREAK
Panitia
4
09.30-10.05
Merancang RPP
Guru Pemandu
5
10.05-10.40
Merancang RPP
Guru Pemandu
6
10.40-11.15
Merancang RPP
Guru Pemandu
7
11.15-11.50
Merancang RPP
Guru Pemandu

11.50-13.00
ISOMA
Panitia
8
13.00-13.35
Merancang RPP
Guru Pemandu
9
13.35-14.10
Merancang RPP
Guru Pemandu
10
14.10-14.45
Merancang RPP
Guru Pemandu

14.45-15.00
COFFE BREAK
Panitia
11
15.00-15.35
Merancang RPP
Guru Pemandu
12
15.35-16.10
Merancang RPP
Guru Pemandu





Hari ke 4

1
07.30-08.05
Merancang Penilaian Autentik
Guru Pemandu
2
08.05-08.40
Merancang Penilaian Autentik
Guru Pemandu
3
08.40-09.15
Merancang Penilaian Autentik
Guru Pemandu

09.15-09.30
COFFE BREAK
Panitia
4
09.30-10.05
Simulasi Pembelajaran (Merevisi RPP)
Guru Pemandu
5
10.05-10.40
Simulasi Pembelajaran (Merevisi RPP)
Guru Pemandu
6
10.40-11.15
Simulasi Pembelajaran (Merevisi RPP)
Guru Pemandu
7
11.15-11.50
Simulasi Pembelajaran (Merevisi RPP)
Guru Pemandu

11.50-13.00
ISOMA
Panitia
8
13.00-13.35
Peer Teching
Guru Pemandu
9
13.35-14.10
Peer Teching
Guru Pemandu
10
14.10-14.45
Peer Teching
Guru Pemandu

14.45-15.00
COFFE BREAK
Panitia
11
15.00-15.35
Rencana Tindak Lanjut
Guru Pemandu
12
15.35-16.10
Rencana Tindak Lanjut
Guru Pemandu







































JADWAL KELAS KARYA TULIS ILMIAH (KTI)
NO
WAKTU
HARI KE/MATERI
Nara Sumber/Guru Pemnadu
Hari ke 1
1
07.30-08.05
Pembukaan
Kabid Dikdas KSB
2
08.05-08.40
Kebijakan Peningkatan Karier PTK SD
Kabid Dikdas KSB
3
08.40-09.15
Kebijakan Peningkatan Karier PTK SD
Kabid Dikdas KSB

09.15-09.30
COFFE BREAK
Panitia
4
09.30-10.05
Pembelajaran Aktif
 K3S  Gugus III potoTano
5
10.05-10.40
Pembelajaran Aktif
K3S  Gugus III potoTano
6
10.40-11.15
Pembelajaran Aktif
K3S  Gugus III potoTano
7
11.15-11.50
Pembelajaran Aktif
K3S  Gugus III potoTano

11.50-13.00
ISOMA
Panitia
8
13.00-13.35
Pembelajaran Aktif
K3S  Gugus III potoTano
9
13.35-14.10
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano
10
14.10-14.45
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano

14.45-15.00
COFFE BREAK
Panitia
11
15.00-15.35
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano
12
15.35-16.10
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano


Hari ke 2

1
07.30-08.05
Penguatan Materi Pembelajaran
Pengawas TK/SD Poto Tano
2
08.05-08.40
PK Guru dan PKB untuk Pengembangan Karier PTK
Guru Pemandu
3
08.40-09.15
PK Guru dan PKB untuk Pengembangan Karier PTK
Guru Pemandu

09.15-09.30
COFFE BREAK
Panitia
4
09.30-10.05
Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data
Guru Pemandu
5
10.05-10.40
Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data
Guru Pemandu
6
10.40-11.15
Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data
Guru Pemandu
7
11.15-11.50
Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data
Guru Pemandu

11.50-13.00
ISOMA
Panitia
8
13.00-13.35
Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data
Guru Pemandu
9
13.35-14.10
Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data
Guru Pemandu
10
14.10-14.45
Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data
Guru Pemandu

14.45-15.00
COFFE BREAK
Panitia
11
15.00-15.35
Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data
Guru Pemandu
12
15.35-16.10
Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data
Guru Pemandu


Hari ke 3

1
07.30-08.05
Analisis dan Interprestasi Data
Guru Pemandu
2
08.05-08.40
Analisis dan Interprestasi Data
Guru Pemandu
3
08.40-09.15
Analisis dan Interprestasi Data
Guru Pemandu

09.15-09.30
COFFE BREAK
Panitia
4
09.30-10.05
Analisis dan Interprestasi Data
Guru Pemandu
5
10.05-10.40
Penyusunan Draf Proposal
Guru Pemandu
6
10.40-11.15
Penyusunan Draf Proposal
Guru Pemandu
7
11.15-11.50
Penyusunan Draf Proposal
Guru Pemandu

11.50-13.00
ISOMA
Panitia
8
13.00-13.35
Penyusunan Draf Proposal
Guru Pemandu
9
13.35-14.10
Penyusunan Draf Proposal
Guru Pemandu
10
14.10-14.45
Penyusunan Draf Proposal
Guru Pemandu

14.45-15.00
COFFE BREAK
Panitia
11
15.00-15.35
Penyusunan Draf Proposal
Guru Pemandu
12
15.35-16.10
Penyusunan Draf Proposal
Guru Pemandu






Hari ke 4

1
07.30-08.05
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu
2
08.05-08.40
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu
3
08.40-09.15
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu

09.15-09.30
COFFE BREAK
Panitia
4
09.30-10.05
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu
5
10.05-10.40
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu
6
10.40-11.15
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu
7
11.15-11.50
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu

11.50-13.00
ISOMA
Panitia
8
13.00-13.35
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu
9
13.35-14.10
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu
10
14.10-14.45
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu

14.45-15.00
COFFE BREAK
Panitia
11
15.00-15.35
Rencana Tindak Lanjut
Guru Pemandu
12
15.35-16.10
Rencana Tindak Lanjut
Guru Pemandu







































J.          Strategi
Strategi Kegiatan yang digunakan yaitu strategi Workshop/Bimtek dengan menggunakan prinsip pembelajaran orang dewasa (andragogik) dan metode  yang bervariasi yang menekankan pada partisipasi aktif peserta sehingga menghasilkan output/produk tertentu sehingga dapat memahami dan mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan dan PTK dapat itu sendiri.
Pentahapan kegiatan pelatihan dibagi dalam berapa kegiatan utama, antara lain :
1.       Persiapan
a.       Sosialisasi program kepada kepala sekolah dan guru.
b.      Penyusunan, pengesahan, pengiriman pelatihan guru pemandu
c.       Rapat-rapat kepanitian
d.      Penetapan tim fasilitator/guru pemandu
e.      Penyusunan bahan ajar
f.        Pengesahan bahan ajar
2.       Pelaksanaan Skenario Strategi Kegiatan
a.       Kegiatan pelatihan dimulai dengan acara pembukaan dan paparan kebijakan teknis pendidikan dasar. Pengembangan karir guru, dan PK Guru dan PKB.
b.      Penjelasan teknis pelatihan oleh ketua panitia dan penanggungjawab program.
c.       Penyampaian materi teori dan praktik
d.      Implementasi pembelajaran
e.      Partisipatif peserta untuk mengkaji materi dan konsep dasarnya.
f.        Berorientasi proses dengan sistem andragogik
g.       Fasilitator memberikan rangkuman hasil diskusi serta penguatan diakhir sesi
h.      Action Plan
Action plan dibuat perkelompok dengan rencana pengimbasan dan tindak lanjut pertemuan PKB di KKG gugus.
.
Selanjutnya evaluasi dilakukan untuk mengetahui efektivitas kegiatan terkait peserta, fasilitator, program, maupun sarana, dengan tujuan agar diketahui kelemahannya untuk penyempurnaan.setelah kegiatan berakhir, peserta akan diberikan sertifikat apabila :                                                                                                                     
1.       Memiliki sikap yang baik terhadap materi, fasilitator, maupun proses pembelajaran, aktif mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, mematuhi aturan yang ditetapkan, serta hadir dalam pertemuan kelas minimal 95%.
2.       Memiliki tingkat penguasaan materi yang baik, melalui evaluasi proses yang ditunjukkan dengan ketuntasan tagihan belajar.
3.       Berorientasi pada proses dan ditetapkan kelayakan terhadap pengetahuan, sikap, dan ketuntasan tagihan.

K.        PESERTA DAN PERSYARATAN

                                                  DAFTAR PESERTA PELATIHAN:

NO

NAMA
TEMPAT TUGAS

JABATAN


KURIKULUM 2013 KELAS I
GR. KELAS
GTT
1
KAMALIAH, S. PdI
SDN KOKARLIAN

2
JAMILA
SDN TEBO

3
HADIJAH, S. Pd
SDN SENAYAN

4
NURSURAIDAH
SDN TAMBAK SARI

5
KALSUMAWATI, S.  PD.SD
SDNDAYA MAKUR

6
ABDUL HAMID
SDN TUA NANGA

7
M. AMIN
SDN OMAL SAPA

8
SYRIFATULLAH
SDN POTO TANO

9
NAZARUDDIN, S. Pd
SDN KUANG BUSIR

10
ISMAIL
SDN MANTAR

11
YANTI,S. Pd
SDN SAGENA

12
SUPIANI
MI MARAQITA  LIMAT




KURIKULUM 2013 KELAS IV

1
JUNAIDI, S. Pd
SDN KUANG BUSIR

2
HADI SUCIPTO
SDN TEBO

3
MUHAMMAD ZAINUDDIN MANSYUR
SDN MANTAR

4
NOVI OCTAVIA, S. Pd
SDN OMAL SAPA

5
JAMALUDDIN
SDN KOKARLIAN

6
ABDUL KARIM
SDN TAMBAK SARI

7
SITI AISYAH
SDN SENAYAN

8
ARIFIN
SDN TUA NANGA

9
AHMAD, S  S. Adm
SDN POTO TANO

10
ISKANDAR ZULKARNAEN
SDN DAYA MAKMUR


KELAS KTI


1
AGUS, S. Pd
SDN DAYA AKMUR

2
ROLI ADEKAMULANA
SDN KOKARLIAN

3
HASMAWATI, A. Ma
SDN TAMBAK SARI

4
HISNAYATI, A. Ma
SDN SENAYAN

5
LALU WIRABANGSA, A. Ma
SDN OMAL SAPA

5
HASANUDDIN
SDN TUA NANGA

7
ANDI TANRAENG
SDN MANTAR

8
SUSRONAYADI, S. PdI
SDN TEBO

9
SYAMSUL HARIS, A. Ma. Pd. SD
SDN KUANG BUSIR

10
SRI UTARI, S. Pd
SDN TABAK SARI


Peserta pelatihan ini adalah guru kelas, dengan ketentuan sebagai berikut : 
1.      Peserta yang dilibatkan adalah anggota aktif pada KKG/MGMP sewilayah gugus III Poto Tano dengan alamat SDN Senayan.
2.      Memahami konsep dan menguasai seluruh tagihan pelatihan.
3.      Berkemampuan untuk mengimbaskan kembali konsep dan praktik materi yang disajikan kepada teman sejawat di sekolah masing-masing

Tata tertib, kewajiban dan hak peserta selama kegiatan pelatihan peningkatan karir guru di KKG Gugus III Kec. Poto Tano dilaksanakan, diatur sebagai berikut :
a.      Tata Tertib Peserta
1.      Peserta sudah hadir di kelas minimal 5 (lima) menit sebelum sesi dimulai.
2.      Mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan
3.      Apabila akan meninggalkan tempat kegiatan harus dengan seijin panitia.
4.      Mengisi daftar hadir peserta.
5.      Berpakaian rapi dan sopan saat pelaksanaan kegiatan pelatihan.
6.      Ikut menjaga dan memupuk suasana kekeluargaan baik di dalam maupun di luar kelas.
b.      Kewajiban Peserta
1.      Registrasi kepada panitia penyelenggara.
2.      Menyerahkan semua persyaratan yang ditetapkan sebagai peserta kepada panitia sebelum kegiatan dimulai.
3.      Mematuhi tata tertib yang ditetapkan.
c.       Hak Peserta
1.      Peserta diterima di tempat kegiatan pada waktu yang telah ditentukan.
2.      Selama pelaksanaan kegiatan pelatihan, peserta mendapatkan pelayanan akomodasi dan konsumsi dengan jadwal yang ditetapkan.
3.      Mendapat Sertifikat Pelatihan.

L.       Hasil Kegiatan
Dalam pelatihan tersebut dapat dihasilkan beberapa hal antara lain :
1.      Tersusunnya beberapa contoh Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan dengan nilai-nilai karakter bangsa.
2.      Tersusunnya beberapa contoh hasil Analisis KI dan KD
3.      Tersusun beberapa contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berkarakter bangsa (Kurikulu 2013).
4.      Dipraktekkannya model pelaksanaan pembelajaran yang efektif
5.      Terselesaikannya semua jenis tagihan yang diprogramkan dalam pelatihan.
6.      Tersusunnya contoh proposal KTI berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
7.      Tersusunnya Action Plan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).












BAB III
REKAMAN PROSES KEGIATAN DAN HASIL


A.       REKAMAN PROSES KEGIATAN

Bimtek Bagi guru pemandu KKG melalui Peningkatan Karir PTK Pendidikan Dasar kerjasama dengan LPMP NTB telah dilaksanakan dari tanggal 29 s.d 31 Oktober 2013 bertempat di Grand Hotel Teratai Suranadi Mataram.  Sebagai kelanjutan kegiatan di atas KKG Gugus III Poto Tano melaksanakan Bimtek yang sama pada tanggal 13 s.d 16 2013 bertempat di SDN Senayan Kecamatan Poto Tano dengan lancar, tertib, dan aman. Proses kegiatan diawali dengan acara pembukaan oleh Kabid. Dikdas Dikbud Kabupaten Sumbawa Barat. yang didampingi oleh Kepala UPTD Dikbud Pembinaan Manajemen Kecamatan Seteluk dan Poto tano dan dua orang Pengawas TK.SD Kecamatan Seteluk dan dan dihadiri oleh 11 Kepala Sekolah Dasar yang ada di wilayah binaan KKG Gugus III Poto Tano.  Begitu juga pada saat mengakhiri pelatihan diadakan penutupan secara resmi pula yang ditutup oleh Kepala UPTD Dikbud Pembinaan Manajemen Kecamatan Seteluk dan Poto tano

Pelatihan berjalan selama 4 (empat) hari sejak pukul 07.30 s.d 16.10 dengan pola pendukung 48 jam. Peserta diikuti oleh 32 orang yang mewakili 10 (sepuluh) Sekolah Dasar dalam wilayah gugus III Poto Tano dan 2 (dua) orang peserta dari sekolah baru operasionalnya, sehingga jumlah keseluruhan peserta pelatihan sebanyak 32 (tiga puluh dua) orang.

Proses kegiatan menerapkan metode partisipatif, diskusi, curah pendapat, praktek, presentasi, kerja kelompok, dan pemberian tugas.  Pembelajaran menggunakan pendekatan andragogik. Setiap materi pelatihan diakhiri dengan tagihan kegiatan berupa lembar kerja, tugas kelompok, dan lain-lain.

Dalam pembelajaran dan setiap sesi materi didokumentasi dan diinventaris semua kegiatan dengan gambar dan tagihan (terlampir). Diakhir pelatihan disusun bentuk action plan  berupa pertemuan di  KKG  dalam rangka kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang direncanakan akan mulai sekitar bulan Januari-Jini 2014. Adapun pembagian tugas disepakati dengan pola KKG Umum dan KKG Guru Kelas I- II, III, IV, V, dan VI.

Selama Kegiatan Bimtek PTK SD 2013 kami juga mengalami beberapa kendala yang disebabkan oleh : 1) Masih banyak guru yang kurang berkemampuan untuk perbaikan dan penyempurnaan pembelajaran yang bermutu dan berkelanjutan. 2) Belum terwujudnya peningkatan mutu layanan pembelajaran yang menyenangkan, berkualitas dan bermakna bagi siswa dalam pengembangan diri dan pencapaian standar nasional pendidikan. 3) Belum terwujudnya satuan pendidikan yang mampu membangun sistem jejaring belajar bagi warganya untuk mengembangkan profesionalisme yang mandiri, berkarakter, dan berkelanjutan. 4) Kurang  tersedianya guru di tiap sekolah baik sekolah inti maupun sekolah imbas yang mampu memfasilitasi teman sejawatnya bahkan masih banyak guru yang belum menguasai AT. Oleh sebab itu dengan adanya Bantuan Peningkatan Karier PTK SD Tahun 2013 oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar 2013 ini, maka kami sebagai pengurus KKG Gugus III Poto Tano mengganggap perlu untuk melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1.      Melakukan kerjasama dengan LPMP NTB, untuk melaksanakan Bimtek Guru Pemandu KKG
2.       Melaksanakan Bimtek PTK dan dan Sosialisasi Kurikulum 2013 di KKG Gugus III Poto Tano dengan memberdayakan Guru Pemandu dan fasilitator dari pewakilan Kepala sekolah dan Pengawas untuk : a) Mengembangkan Kurikulum 2013 serta perencanaan pembelajaran bermutu. b) Pegembangan keprofesian berkelanjutan untuk karir dan kepangkatan guru
3.      Melatih peserta sebanyak 3 0rang dari masing-masing sekolah imbas agar dapat mempasilitasi teman sejawatnya di sekolah masing-masing.
4.      Menggunakan metode  yang bervariasi yang menekankan pada partisipasi aktif peserta sehingga menghasilkan output/produk tertentu sehingga dapat memahami dan mengimplementasikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas dan Kurikulum 2013.
5.      Bimtek ini dilaksanakan mengingat bahwa guru mempunyai tugas yang sangat penting untuk dapat menguasai kurikulum 2013, perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, yang dapat memberdayakan siswa, mamapu melaksanakan penilaian, serta berkemampuan untuk mengebangkan keprofesiannya secara berkelanjutan (PKB) agar dapat mengembangkan karir dan dan kepangkatannya. Oleh karena itu untuk mewujudkan hal tersebut di atas perlu kegiatan semacam ini untuk dilanjutkan di KKG, dan kami berharap agar Bantuan Peningkatan Karier PTK  SD dari Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar ini dapat mempertimbangkan untuk dapat memberikan bantuan kepada KKG Gugus III Poto Tano, agar anggota KKG Gugus III Poto Tano lebih maju lagi dalam memberdayakan anggotanya dan menjadi guru yang professional.

B.        HASIL YANG TELAH DICAPAI

Dalam pelatihan tersebut dapat dihasilkan beberapa hal antara lain :
1.      Tersusunnya beberapa contoh Analisis KI dan KD Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2013 yang dikembangkan dengan nilai-nilai karakter bangsa.
2.      Tersusunnya beberapa contoh Proposa dan Laporan PTK, indikator silabus, indikator  soal, instrumen, dan penskoran penilaian sebagai bentuk pengembangan profesi guru.
3.      Terselesaikannya semua jenis tagihan yang diprogramkan dalam pelatihan.
4.      Tersusunnya contoh proposal KTI berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
5.      Tersusunnya Action Plan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
















































BAB IV
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN

Pembiayaan kegiatan pelatihan ini sepenuhnya dibebankan pada anggaran yang tersedia pada KKG/MGMP yang telah diterima dari DBL tahun 2013,  yang telah digunakan untuk :
a.      Belanja bahan : ATK, penggandaan dan penjilidan panduan dan bahan ajar, bahan/materi kegiatan, layanan akomodasi dan konsumsi, sertifikat, surat-menyurat, publikasi, dan dokumentasi, rapat penyusunan bahan ajar, evaluasi, pelaporan, biaya pelatihan guru pemandu dan lain-lain.
b.      Belanja jasa profesi : terkait dengan honor fasilitator
c.       Honor yang terkait dengan out put kegiatan: antara lain honor pengarah, penanggungjawab, kepanitiaan, dan honor penyusun bahan ajar.


























Berikut disajikan Laporan Perubahan Keuangan Bantuan Peningkatan Karier PTK SD
                                                                 Melalui Kegiatan KKG sebagai berikut :                                                                

Peneriaan
Pengeluaran
Tanggal
Uraian
Rp
Tanggal
Uraian
Rp
30/09/13
DBL 2013
28.000.000
28/10/13
1.       Persiapan





a.    Biaya Rapat
b.    Pembuatan dan Penyusunan Proposal
c.     ATK
-          Ksekretariatan
-          Peserta
135,000,-
            300,000,-


365,000,-
600.000,-

Jumlah
1,400,000,-

2.    Pelaksanaan Kegiatan

31/10/13
Setor Ke Panitia Kegiatan Bimtek Guru Pemandu KKG di Mataram
10,800,000,-
13/11/13
a.       Pembukaan
400,000,-
16/11/13
b.      Uang Harian

16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
Panitia
Peserta
Narasumber Dikbud Kab
Narasuber Lokal
Narasuber Pengawas
Narasumber K. Sekolah
480,000,-
2,400,000,-
300,000,-
1,800,000,-
250,000,-
250,000,-

c.       Transportasi

16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
16/11/13
Panitia
Peserta
Narasumber Dikbud Kab
Narasuber Lokal
Narasumber Pengawas
Narasumber K. Sekolah
240,000,-
1,200,000,-
50,000,-
480,000,-
20,000,-
20,000,-

d.      Konsumsi

18/11/13
18/11/13
18/11/13
18/11/13
18/11/13
Panitia
Peserta
Narasuber Lokal
Narasuber Pengawas
Narasumber K. Sekolah
600,000,-
3,000,000,-
600,000,-
25,000,-
25,000,-
-
e.  Akomodasi
-
11/11/13
f.Penggandaan Materi
1,440,000,-
20/11/13
g.Dokumentasi
250,000,-
20/11/13
h. Sertifikat
570,000,-

Jumlah
25,200,000,-

3.       Pelaporan

20/11/13
20/11/13
a.    Penulisan Laporan
b.    Pengfgandaan hasil workshop
300,000,-
400,000,-

Jumlah
700,000,-
20/11/13
4.       Publikasi Blok Gugus
700,000,-

Jumlah
700,000,-
JUMLAH 1+2+3+4
28,000,000,-
Ketua KKG                                                                                                          Bendahara Pengeluaran



HASBULLAH, S. Pd                                                                                           SITI MINA, S. Pd.SD
NIP 196910062005011008                                                                              NIP 196906242000122002                                                                                             




BAB V
PENUTUP
Ø Kesimpulan
Demikian laporan ini dibuat untuk pertanggungjawaban dalam merealisasikan operasionalnya dan sebagai bahan informasi bagi semua pihak terhadap penyelenggara kegiatan pelatihan guru di KKG Gugus III Poto Tano sebagai penerima DBL dari PPTK-Dikdas tahun 2013. Hal-hal lain yang dianggap perlu dan belum tertuang dalam laporan  ini akan diinformasikan lebih lanjut. Harapan kita bersama, apa yang kita dapatkan dalam kegiatan ini dapat kita implementasikan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di tempat masing-masing.    Terima kasih.






































Lampiran-Lampiran







a.      Dokumen-dokumen  tertulis termasuk produk peserta bantuan peningkatan karier PTK berupa Karya Tulis Ilmiah (Laporan Penelitian/artikel ilmiah) foto-foto kegiatan , dan bukti penggunaan dana sesuai dengan ketentuan yang telah diuraikan di atas
b.      Panduan Kegiatan
c.       Daftar hadir peserta
d.      Daftar Hadir Fasilitator/Narasumber
e.      Daftar Hadir Panitia
f.        Biodata panitia
g.      Biodata Fasilitator
h.      Biodata peserta
i.        Materi Sajian/Handout
j.        Foto Copy Surat Keterangan/setifikat
k.       Foto-foto Dokumentasi



























ACARA PEMBUKAAN PENINGKATAN KARIER PTK PENDIDIKAN DASAR 2013
DI MATARAM
TANGGAL 29 OKTOBER 2013


4 ORANG (Tengah) Peserta dari Gugus 1 dan 2 Kec. Seteluk dan Poto Tano KSB

2 Orang Widyaswara LPMP NTB (Berdiri)

ABID DIKDAS KSB DAN KEPALA UPTD DIKBUD(TENGAH) SERTA 2 ORANG PENGAWAS

ACARA PEMBUKAAN  BIMTEK KARIR PTK DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 2013TANGGAL 13 NOVEMBER 2013





FASILITATOR PEMBELAJARAN AKTIF DAN PENGUATAN MATERI PEMBELAJARAN






GURU PEMANDU KTI


GURU PEMANDU KURIKULUM 2013 KELAS IV





GURU PEMANDU KURIKULUM 2013 KELAS I




PESERTA PELATIHAN KURUKULUM 2013 KELAS IV


PESERTA KTI









PESERTA PELATIHAN KURIKULUM 2013 KELAS I










1 komentar: